Cara Merawat Lidah Buaya

tanaman lidah buaya 2-ramavera

Cara Merawat Lidah Buaya

Perawatan memang penting bukan? Ya…, tidak terkecuali untuk tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera. Tanaman yang berasal dari Afrika ini memiliki segudang akan manfaat. Oleh karena itu, bagi anda pecinta tanaman harus tau cara merawat lidah buaya yang benar dan tepat. Terutama bagi para pembudidaya Lidah Buaya. Berikut cara merawatnya :

 

Sinar matahari

Perhatikan sinar matahari dengan tanaman kesayangan anda ini. Lidah Buaya memang jenis tanaman yang banyak membutuhkan sinar matahari. Namun, hindari sinar matahari yang terlalu intens pada tanaman yang satu ini. Sinar matahari yang intens atau terlalu banyak akan membuat daun rusak dengan adanya bintik coklat gelap atau daun berwarna orange. Dengan begitu, lidah buaya tidak lagi menawan. Jika daun sudah mulai kering dan berwarna coklat sepenuhnya, itu tandanya Lidah Buaya sudah parah. Tapi jangan kuwatir akan hal itu, anda cukup membuang bagian yang sudah busuk untuk tetap menjaga tanaman anda tetap sehat. Oleh karena itu, letakkan Lidah Buaya di tempat yang teduh namun terkena sinar matahari langsung.

 

Tanah dan Pupuk

kompos-cara menanam lidah buaya

 

Perhatikan tanah yang akan ditanami Lidah Buaya. Pastikan tanahnya kering, bukan tanah basah. Anda bisa mencapur tanah dengan pasir, batu apung, sekam dan perlit. Pupuk juga perlu diperhatikan supaya Lidah Buaya tumbuh dengan subur. Anda bisa memberi pupuk organik tergantung pada tingkat kesuburan Lidah Buaya.

 

Penyiraman

Lidah Buaya merupakan tanaman yang menyimpan banyak air di daunnya sehingga anda tidak perlu banyak menyiram dengan air. Siramlah Lidah Buaya ketika tanah terlihat kering. Jika tanaman Lidah Buaya di dalam pot, pastikan terdapat lubangan dibawah pot untuk membuang kelebihan air. Perlu diketahui bahwa Lidah Buaya yang kelebihan air akan cepat membusuk.

 

Mengganti Pot

Jika tanaman Lidah Buaya anda berada di dalam pot, perhatikan juga tempat pertumbuhannya. Lidah Buaya yang anda tanam akan tumbuh kembang dan memiliki banyak tunas. Jika pot tidak mencukupi lagi maka gantilah dengan yang baru dan lebih besar. Lidah Buaya yang sudah bertunas,bisa anda pisahkan tunas dari induknya dan menanam dalam pot sendiri. Jika tetap disatukan maka akan menyedot energi dari pohon induk. Demikian cara merawat Lidah Buaya yang bisa anda praktekkan. Sayangi tanaman anda seperti anda menyangi diri anda sendiri…. hahahaha 🙂

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.