Cara Menanam Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya-Kebun Rama Vera

Lidah buaya (Aloe Vera) merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menjadi tanaman herbal karena kaya akan manfaatnya. Kemampuannya untuk hidup dan tumbuh dengan baik di iklim kering membuat tanaman asal Afrika ini dapat ditanam dimana saja dengan perawatan yang sederhana.

Seiring meningkatnya pemahaman masyarakat terkait manfaat tanaman lidah buaya ini, permintaan pun semakin meningkat. Hal ini yang membuat prospek budidaya lidah budaya semakin menguntungkan. Selain mudah dalam perawatan, permintaan pasar pun terus meningkat baik permintaan domestik maupun permintaan ekspor, tak heran jika kini banyak petani yang berminat untuk membudidayakan tanaman lidah buaya ini. Ada dua cara dalam membudidayakan tanaman lidah buaya ini, yaitu melalui pot dan lahan. Berikut cara menanam lidah buaya di pot maupun di lahan.

Cara Menanam lidah buaya di Pot

1. Media terdiri campuran sekam padi mentah / bakar, tanah gembur,pupuk kandang matang dengan perbandingan 1:1:1. Dapat juga tanah 2, Pupuk kandang (kambing) / kompos 1 , yang penting poros.

2. Pot yang digunakan minimal berdiameter 30 cm, semakin lebar semakin baik. Kasih dasar pot dengan sterofoam/pecahan batu bata (20%),isi media (25%).

3. Masukkan bibit ,timbun dengan media, tekan biar tegak,jangan sampe daun terpendam media. Pot jangan diisi media hingga penuh,sesuaikan besar kecilnya tanaman.

4. Siram tanaman, sebaiknya seminggu pertama letakkan pot ditempat yang lebih sejuk. Tambahkan media seiring makin besarnya tanaman.

5. Penanaman di Polibag tidak disarankan.

 

Cara Menanam lidah buaya di Lahan

1. Siapkan bibit dari anakan minimal berdaun 5- 6, tinggi 15-30 cm, semakin besar makin baik.

2. Buat lubang tanam 15x15x20 cm, isi separo dengan pupuk kandang matang.

3. Masukkan bibit agak dalam, sedikit tekan biar tegak dan kuat, tapi jangan sampai daun terpendam tanah. Daun yang tua/rusak dihilangkan dulu sebelum di tanam.

4. Gunakan sistem tunggal, zig zag atau sejajar.

5. Dapat ditumpangsari dengan cabai, bawang merah atau sayuran lainnya.

 

Demikianlah beberapa teknik penanaman lidah buaya dalam pot dan di lahan yang dapat anda lakukan di rumah. Pastikan tanaman lidah buaya anda tidak mengandung banyak air, agar tanaman tidak membusuk dan dapat menghasilkan kualitas terbaiknya. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat berkebun di rumah anda semoga berhasil.

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.